Kamis, 01 Desember 2011

Pelajar Indonesia Raih Lima Medali Emas Kompetisi Matematika Internasional
 
 
 
Luca Farulli
Pelajar Indonesia meraih lima medali emas, 16 medali perak, 27 medali perunggu, dan 25 Merrit Award pada ajang International Indonesia Mathematics Competition (IIMC) pada 18-23 Juli 2011 di Bali, Indonesia. Perolehan medali ini menempatkan Indonesia di peringkat ketiga dari 28 negara peserta.
Kelima medali emas diraih pada kategori individu jenjang sekolah dasar (SD) tiga medali emas dan sekolah menengah pertama (SMP) dua medali emas. Pada jenjang SD medali emas masing-masing diraih oleh Anthony William Brian, Gian Cordana Sanjaya, dan Alicia Maydeline, sedangkan pada jenjang SMP medali emas diraih oleh Agasha Kareef Ratam dan Henry Jayakusuma.

Tambahan satu medali emas disumbangkan oleh Fransiswa Susan yang tergabung dalam ASEAN Girls` Team sehingga total keseluruhan enam medali emas. Sementara pada kategori tim jenjang SD, Indonesia mendapatkan penghargaan champion yang diraih masing-masing oleh tim Indonesia A, tim Indonesia B, dan tim Indonesia C. Adapun pada kategori tim jenjang SMP, penghargaan champion diraih oleh tim Indonesia A.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional Ibrahim Bafadal menyampaikan, secara keseluruhan pelaksanaan IIMC berjalan dengan lancar dan sukses. "Seluruh peserta dalam kondisi sehat walafiat dan mereka semuanya  telah menikmati indahnya Pulau Bali," katanya usai penutupan IIMC di Hotel Sanur Paradise Plaza, Denpasar, Bali, Jumat (22/07/2011)

Kepada peraih medali, Ibrahim menyampaikan ucapan selamat. Menurut dia, apa yang diraih adalah buah dari kerja keras. "Untuk kontestan lain yang belum memperoleh medali, ini adalah kemenangan yang tertunda. Jadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar yang berharga," katanya.

Pada jenjang individu medali emas terbanyak diraih oleh Cina dengan 14 medali emas, tujuh medali perak, dan sembilan medali perunggu. Posisi kedua ditempati Taiwan dengan meraih sembilan medali emas, 17 medali perak, dan tiga medali perunggu.

Penghargaan overall jenjang SD diraih oleh Tim D Bulgaria (champion), Tim A Indonesia (first runner up), dan Tim C Taiwan (second runner up), sedangkan untuk jenjang SMP diraih oleh Tim B Cina (champion), Tim D Cina (first runner up), dan Tim A Taiwan (second runner up).

Cakupan kompetisi meliputi tingkat SD dan tingkat SMP dan di masing-masing tingkat terdapat dua jenis kompetisi, yaitu kompetisi individu dan kompetisi tim. Jumlah peserta kompetisi yang hadir ini sebanyak 28 negara terdiri atas 260 peserta tingkat SD dan 336 peserta tingkat SMP. Mereka didampingi oleh 129 orang Team Leader dan 112 orang Deputy Team Leader.

Setiap negara mengirimkan 1 s/d 4 Tim per tingkat, dimana setiap tim berjumlah enam orang yang terdiri dari satu orang Team Leader, satu orang Deputy Team Leader dan empat orang peserta kompetisi.

Deputy Team Leader Taiwan I-Ming Lee menilai penyelenggaraan IIMC di Indonesia berjalan baik, panitia turun tangan langsung untuk menangani jalannya kompetisi sehingga pelaksanaannya bisa lebih baik dari tahun lalu di Korea.

sumber : kemdiknas.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar