Minggu, 26 September 2010

TUGAS TIK KELAS 7H

BACA MATERI DIBAWAH INI DAN SEJANJUTNYA JAWAB PERTANYAAN DAN KIRIM JAWABAN MELALUI EMAIL Pak BOEDI: doeb_utomo@yahoo.co.id

1.1 Kompetensi Dasar

Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

1.2 Indikator Pencapaian hasil Belajar

a. Menyebutkan jenis-jenis peralatan teknologi informmasi dan komunikasi.

b. Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

c. Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

1.3 Materi Pembelajaran

1.3.1 Pengantar

Teknologi informasi sampai dengan saat ini berkembang sangat pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi. Hal tersebut mampu menciptakan peralatan yang mendukung perkembangan teknologi informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).

Pada dasarnya peralatan teknologi informasi meliputi 3 perangkat utama yaitu:

a) Sistem Komputer;

b) Jaringan Sistem Komunikasi;

c) Net Tools.

a. Sistem Komputer

Komputer merupakan perangkat elektronika yang mampu menerima, memproses, dan menyimpan data, serta menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka dan suara. Dalam pengoperasian, bentuk, sistem dan fungsinya, komputer terdiri atas 2 (dua) bagian yaitu hardware dan software.

1) Hardware (Perangkat Keras)

Untuk memenuhi kebutuhan akan bebagai informasi, manusia senantiasa untuk mengembangkan perangkat keras untuk mendukungnya. Untuk mengakomodasi kepentingan ini, manusia menciptakan berbagai peralatan yang menyokong keinginan tersebut. Perangkat hardware komputer dapat dikelompokkan menjadi perangkat input (didntaranya : Keyboard, Scanner), perangkat proses (diantaranya : CPU), perangkat output dan penyimpan data (diantaranya : Monitor, dan Printer), dan perangkat penyimpan data (diantaranya : CDROM, Compact Disk, Floppy Disk, Hard disk). Penjelasan lebih mendalam tentang perangat komputer akan Anda peroleh juga pada modul 3.

a) Keyboard

Keyboard adalah alat untuk memasukkan data ataupun perintah ke CPU (Central Processing Unit). Keyboard biasanya terdiri dari rangkaian huruf dan angka.



b) Scanner

Scanner merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar/grafik dan merubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.



c) Central Processing Units
Certral Processing Units (CPU) adalah

alat yang berfungsi sebagai pemroses (pengolah) data. CPU merupakan rangkaian sirkuit yang menyimpan instuksi-instruksi pemrosesan, dan penyimpanan data sementara.


d) Monitor

Monitor adalah alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang diproses dalam CPU.



e) Printer

Printer adalah alat untuk memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, baik itu berupa teks maupun gambar/grafik.



f) CD Rom


CD Rom adalah alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media Compact Disk (CD). Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem Optik.


g) Compact Disk (CD)

Compact Disk (CD) merupakan media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

h) Floppy Disk

Floppy Disk adalah alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan data ke dalam disket maupun sebaliknya. Ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

i)


i) Hard Disk

Harddisk adalah alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar yang dilapisi secara magnetis.





PERTANYAAN:

1.Ceritakan perkembangan
Teknologi informasi yang kamu ketahui sampai dengan saat ini hingga berkembang sangat pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi
2.Sebutkan dan jelaskan perangkat keras yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

CATATAN : TUGAS HARUS DIKIRIM SAMPAI DENGAN HARI JUM'AT JAM 18.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar